Virus Corona Bertahan 24 Jam di Permukaan Kardus, Ini Tips Aman Terima Paket

Virus Corona Bertahan 24 Jam di Permukaan Kardus, Ini Tips Aman Terima Paket

Corona yang mewabah di dunia memicu seluruh orang menjadi lebih concern di dalam merawat kesehatan dan kebersihan lingkungan. Ini terhitung disaat kita terima paket, baik berisi makanan atau barang-barang lain.

Meski kadang disepelekan, merawat kebersihan dan kehigienisan paket yang dipesan itu ternyata sangat penting. Pasalnya, paket berisi barang-barang yang kita pesan itu pasti sudah berpindah-pindah tangan, agar kita tak mengetahui sama juga apakah ia terpapar virus atau bakteri beresiko di sedang jalur atau tidak.
Sementara itu, sebuah belajar yang diterbitkan di dalam New England Journal of Medicine (NEJM) menyebut bahwa virus corona dapat bertahan selama 2-3 hari pada permukaan plastik dan stainless steel, serta bertahan selama 24 jam di atas permukaan kardus.

Kalau begitu, apa yang dapat kita melakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona berasal dari paket yang kita pesan?
Melansir HuffPost, kumparanWOMAN merangkum sebagian tips safe di dalam menerima, membuka, dan membersihkan paket selama pandemi virus corona.
Virus Corona Bertahan 24 Jam di Permukaan Kardus, Ini Tips Aman Terima Paket (1)
search
Perbesar
Paketmu menjadi milikmu, virus jangan. Ilustrasi: Argy Pradypta/kumparan

1. Minta pengiriman bebas kontak Tarif Pengiriman Ekspedisi Barang Surabaya Tujuan Samarinda
Virus Corona Bertahan 24 Jam di Permukaan Kardus, Ini Tips Aman Terima Paket (2)
search
Perbesar

Di era corona, tak harus melakukan kontak segera bersama kurir. Foto: Shutterstock
Minta petugas pengiriman untuk meninggalkan paket di depan pintu agar Anda tidak harus melakukan pertalian langsung.
Contactless delivery ini bermanfaat untuk merawat keselamatan Anda maupun petugas pengirim, mengingat kurir berinteraksi bersama banyak orang di dalam sehari.

Langkah ini sudah dilakukan oleh sebagian platform penyedia jasa seperti Grab Indonesia yang meluncurkan sarana ‘Pemesanan Tanpa Kontak’ untuk GrabFood dan GrabExpress.
Contoh lain di luar negeri dapat dicermati pada sarana pengiriman surat di Kanada, Canada Post, yang menyita tindakan pencegahan ekstra bersama tidak kembali meminta tanda tangan di dalam sistem pengiriman paket.
Hal berikut untuk meminimalisir risiko penularan virus corona.

2. Buka paket di luar rumah

Seperti sudah disinggung di atas, virus corona dapat bertahan 2-3 hari pada permukaan plastik dan stainless steel, serta 24 jam pada permukaan kardus. Jadi, bukalah paket di luar tempat tinggal bersama menggunakan sarung tangan.
“Metode ini dapat menjadi tindakan pencegahan tambahan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus corona,” kata Kavita Patel, M.D berasal dari Brookings Institution, Washington, AS, pas diwawancarai Verizon Media.

3. Buang segera kemasan kardus
Virus Corona Bertahan 24 Jam di Permukaan Kardus, Ini Tips Aman Terima Paket (3)
search
Perbesar
Tak harus menaruh kardus paket di di dalam rumah. Foto: Shutterstock
Membuka paket di luar tempat tinggal ternyata belum lumayan untuk menghindar penyebaran virus corona. Menurut Kavita, setelah kemasan dibuka, buanglah kardus-kardus atau plastik-plastik itu sesegera mungkin ke tempat sampah atau tempat daur ulang.
Setelah itu, membersihkan isinya bersama cairan disinfektan, sebelum akan membawanya ke di dalam rumah.
Kavita terhitung memberi saran agar permukaan benda yang bersinggungan bersama kemasan berikut dibersihkan bersama cairan disinfektan untuk menghindar virus bertahan di tempat tersebut.

4. Cuci tangan
Virus Corona Bertahan 24 Jam di Permukaan Kardus, Ini Tips Aman Terima Paket (4)
search
Perbesar
Cuci tangan pangkal sehat. Foto: Shutterstock
Untuk yang satu ini—cuci tangan, Anda mungkin sudah mendengarnya berpuluh kali sampai bosan. Tapi, cara ini sebetulnya paling perlu dan paling efisien di dalam menghindar risiko penyebaran virus corona.
Jadi, pastikan Anda mencuci tangan sebelum akan dan setelah menyita paket. Jangan lupa, cuci tangan bersama sabun dan air mengalir sedikitnya 20 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *